BAURAN PEMASARAN PRODUK
Nama : Maziyatul Lailiiyah
NIM : 180321100084
Kelas : Manajemen Pemasaran A
BAURAN PRODUK
Bauran pemasaranadalah kumpulan dari
variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu
bahan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. Variabel-variabel
tersebut adalah Price, Product, Promotion dan Place. Seiring berjalannya waktu
ketambahan variabel People, Process, Physical Environment/Evident.
1.
Arti Dan Macam-Macam Produk
Menurut Kotler &
Armstrong, (2001: 346) Produk merupakan sesuatu barang yang bisa diperkenalkan
ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga
dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Sehingga produk dapat diartikan
sebagai suatu barang yang bisa dijual dan ditawarkan dengan produk tersebut memiliki
kegunaan untuk dikonsumsi.
Macam-macam produk secara
umum :
a)
Produk berdasarkan
daya tahan dan wujud
Jenis
produk ini meliputi hal-hal sebagai berikut :
-
Barang tidak tahan
lama, wujud barang ini biasanya digunakan dalam satu / beberapa kali
penggunaan, seperti sabun. Karena barang
dibeli dengan cepat habus maka strategi yang sesuai adalah menyediakan dibanyak
tempat.
-
Barang tahan lama,
barang wujudnya bisa tetap bertahan walaupun sudah digunakan beberapa kali :
lemari es, pakaian. Produk tahan lama
biasanya memerlukan waktu penjualan dan pelayanan yang lebih pribadi.
-
Jasa
(layanan). produk yang tidak berwujud,
tidak terpisahkan dan mudah habis. Konsekuensinya,
mutu, kredibilitas, dan kemampuan yang lebih tinggi.
b)
Produk konsumsi
Jenis
produk ini meliputi hal-hal sebagai berikut :
-
Barang Sehari-Hari
(kenyamanan barang), barang yang biasanya dibeli pelanggan dengan cepat dan
cara upaya yang sedikit. Contoh: Sabun, Alquran, dll.
-
Barang Toko
(shopping goods), barang yang biasanya dibandingkan berdasarkan kesesuaian,
kualitas, harga, dan gaya dalam proses pemilihan dan pembeliannya. Contoh: perabotan, pakaian, dll.
-
Barang Khusus,
mempunyai ciri / merk yang unik dan cukup banyak pembeli yang bersedia
melakukan pembelian khusus. Contohnya
mobil, peralatan fotografi, dll.
-
Barang yang tidak
dibeli adalah barang yang tidak diketahui konsumen / biasanya mereka tidak
terpikir untuk membeli. Contoh:
asuransi, batu nisan, dll.
c)
Produk Industri
Jenis
produk ini meliputi hal-hal sebagai berikut :
-
Bahan Baku dan Suku Cadang (material dan suku cadang)
adalah barang yang seluruhnya masuk ke produk produsen. Barang ini terbagi lagi dalam dua kelompok,
yaitu bahan mentah serta bahan baku dan suku cadang yang diproduksi.
-
Barang Modal (Barang modal) adalah barang tahan lama
yang memudahkan pengembangan atau pengelolaan produk jadi. Barang modal termasuk kelompok dua, instalasi
(pabrik, kantor) dan peralatan (generator, bor, elevator).
-
Perlengkapan dan layanan bisnis (persediaan dan
layanan bisnis) adalah barang dan jasa berumur pendek yang memudahkan
pengembangan dan pengelolaan produk jadi.
Perlengkapan ada dua jenis: barang pemeliharaan dan perbaikan (cat,
paku, sapu) dan perlengkapan operasional (pelumas, batu bara, buku, pensil).
2.
Strategi Pemasaran Produk
Strategi pemasaran produk
adalah suatu cara dalam mengenalkan produk kepada konsumen. Strategi ini
menjadi penting karena akan berhubungan dengan laba yang akan dicapai oleh
perusahaan. Strategi pemasaran akan berguna secara optimal apabila didukung
oleh perencanaan yang terstruktur.
Langkah-langkah strategi
antara lain:
a. Memutuskan proposisi
nilai.
b. Mendiferensiasikan
penawaran pasar untuk menciptakan nilai pelanggan
yang unggul.
c. Positioning
memposisikan penawaran pasar dalam fikiran pelanggan pasar.
d. Menciptakan nilai bagi
pelanggan sasaran.
e. Memilih pelanggan yang
dilayani.
f. Segmen membagi seluruh
pasar menjadi segmen yang lebih kecil.
g. Penetapan sasaran
memilih satu atau beberapa segmen yang dimasukin.
Strategi pemasaran ada 4
yaitu :
1.
Product
Strategi
produk yang dilakukan oleh para pedagang dalam mengembangkan suatu produk
adalah sebagai berikut:
1)
Menciptakan Merek
2)
Menciptakan
Kemasan
3)
Inovasi
4)
Keputusan Lebel
2.
Price
Penentu
harga oleh suatu perusahaan di maksudkan dengan berbagai tujuan yang hendak di
capai, tujuan penentuan harga secara umum adalah sebagai berikut:
1)
Untuk Bertahan
Hidup
2)
Untuk
Memaksimalkan Laba
3)
Untuk Memperbesar
Market Share
4)
Mutu Produk
5)
Karena Pesaing
3.
Promotion
promosi
merupakan sarana yang paling penting untuk menarik dan mempertahankan salah
satu tujuan promosi adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan
dan berusaha menarik konsumen yang baru.
4.
Place
Penentuan
lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung
menjadi
sangat penting, hal ini di sebabkan agar naskah (konsumen) mudah menjangkau
setiap lokasi yang ada serta mendistribusikan barang atau jasa. Sarana dan
prasarana harus memberikan rasa yang nyaman dan aman kepada seluruh konsumennya.
3.
Arti Dan Macam-Macam Jasa
Ciri – Ciri Jasa Menurut Andrian Payne, (2001:9) jasa
mempunyai ciri dan karakteristik khusus yaitu sebagai berikut :
1. Tidak berwujud
Ciri dan karakteristik jasa yang pertama yaitu Tidak
berwujud. Sehingga jasa sifatnya abstrak maksudnya jasa tidak bisa dilihat,
dirasakan, dicicipi atau disentuh seperti yang bisa dirasakan dari suatu
barang.
Baca Juga : √
Administrasi : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Peran & Ruang Lingkupnya
Lengkap
2. Heteregonitas
Jasa bersifat heterogenitas karena jasa itu berupa
suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama meskipun dikerjakan oleh
satu orang.
3. Tidak dapat dipisahkan
Jasa biasanya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat
bersamaan, dengan adanya partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti,
konsumen harus berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat
dan bahkan ikut ambil bagian dalam suatu proses produksi tersebut.
4. Tidak tahan lama
Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan. yang
Artinya, jasa tidak dapat disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau
dikembalikan kepada produsen jasa di mana ia membeli jasa sehingga dapat
disebut bahwa jasa mempunyai ciri yang tidak tahan lama.
Jenis – Jenis Jasa
-
Jasa Usaha Rumah
Tangga, jenis jasa yang satu ini mencakup banyak hal yang ada didalam sebuah
rumah tangga. Contohnya : Untuk merawat sebuah kebun, memperbaiki rumah,
Menjual air minum, kelengkapan alat-alat rumah tangga, sebagai pembersihan
rumah, dan lain sebagainya.
-
Jasa Perumahan,
jenis jasa ini mencangkup penyewaan sebuah kamar hotel (penginapan), apartemen,
kost-kostan, dan lain sebagainya.
-
Jasa Hiburan atau
Rekreasi, yang ketiga ini jenis jasa ini meliputi penyewaan alat-alat yang
berhubungan dengan suatu hiburan, atau penyewaan tempat untuk melakukan suatu
kegiatan hiburan.
-
Jasa Perawatan
Pribadi, jenis jasa yang ke empat ini ialah suatu perawatan kecantikan, pijit,
salon, dan lain sebagainya.
-
Jasa Kesehatan,
jenis jasa yang satu ini termasuk jasa yang sangat penting untuk kelangsungan
hidup manusia, contohnya ialah perawatan dirumah sakit, bidan, puskesmas, dan
lain sebagainya.
-
Jasa Bisnis, jenis
jasa yang satu ini meliputi jasa akuntan, jasa konsultan, jasa marketing, dan
lain sebagainy.
-
Jasa Komunikasi,
contoh jasa komunikasi yaitu warnet, wartel pengiriman fax, kantor pos, dan
lain sebagainya.
-
Jasa Transportasi,
jenis jasa ini sering kita gunakan saat kita berpergian disuatu tempat.
contohnya angkutan darat, angkutan laut, angkutan udara, dan lain sebagainya.
-
Jasa Keuangan,
jenis jasa keungan yang digunakan yaitu bank. contohnya leasing, pajak, Bank
pinjamandan lain sebagainya.
-
Jasa Pendidikan,
jenis jasa ini sangat penting untuk kelangsungan bangsa dan negara karena untuk
mendidik anak-anak bangsa. contoh jenis jasa ini antara lian adalah guru
privat, guru les, guru ngaji, guru sekolah.dan lain sebagainya.
1.
Strategi Pemasaran Jasa
Perlu diingat bahwa di dalam pemasaran konvensional
terdapat empat kondisi yang harus dipenuhi, yaitu: Produk, Harga, Tempat, dan
Promosi. Namun, ketika berada di dalam kondisi pemasaran bisnis jasa, terdapat
tiga kondisi tambahan yang harus dipenuhi, yaitu:
a. SDM (Sumber Daya Manusia)
SDM yang Anda miliki dan terlibat langsung di bagian
pemasaran atau Customer Service menjadi unsur yang penting karena unsur
tersebut dapat menambahkan nilai yang signifikan pada penawaran jasa Anda. SDM
mengomunikasikan dan menjual jasa dan bisa membuat atau menghancurkan usaha
pemasaran jasa yang Anda tawarkan. Kesimpulannya, SDM yang berurusan dengan
penjualan dan pemasaran menjadi “wajah” bagi bisnis jasa Anda
b. Bukti Fisik
Jasa yang Anda tawarkan harus dikomunikasikan dan
ditindaklanjuti secara baik dan benar. Anda menciptakan suatu User Experience,
kepuasan atau kenyamanan yang Anda berikan kepada pelanggan tidak berwujud
sehingga komunikasi dan dokumentasi bisa berupa ulasan pelanggan terhadap
bisnis Anda adalah satu-satunya bukti fisik yang harus Anda bagikan untuk
membangun citra positif bagi bisnis jasa Anda.
c. Alur Jasa
Prosedur dan alur kegiatan tentang bagaimana jasa Anda
dikonsumsi merupakan elemen penting dari strategi pemasaran bisnis jasa Anda.
Semuanya harus berjalan dengan lancar tanpa kendala untuk menjaga kepercayaan
pelanggan Anda.
Komentar