KONSEP INTI STP
Nama : Maziyatul Lailiyyah
NIM : 180321100084
Kelas : A
KONSEP INTI STP
(RESUME KELOMPOK 1)
STP
merupakan singkatan dari Segmenting, Tarrgeting, dan Positioning. Berikut pembahasan
lebih lengkapnya.
1. Segmenting
Segmenting adalah proses pengelompokan konsumen
berdasarkan pada usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup serta bagaimana
konsumen menggunakan produk ini. Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk
membuat proses pemasaran lebih terarah sehingga sumberdaya perusahaan dapat
digunakan secara efektif dan efisien.
Macam pendekatan dalam menentukan segmentasi pasar :
1)
A priori yaitu
melakukan perencanaan observasi untuk menentukan segmentasi pasar
2)
Post hoc yaitu
menentukan segmentasi pasar berdasarkan keadaan rill pasar
Faktor-faktor yang mempengaruhi kelayakan segmentasi
pasar :
1)
Dapat diukur, yaitu
variabel segmentasi pasar dapat diukur secara kuantitatif.
2)
Accessible, yaitu
dapat mencapai target dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.
3)
Subtantial, yaitu
segmentasi pasar akan memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan.
4)
Unik, yaitusegmentasi
pasar pada perusahaan ini berbeda dengan segmentasi pasar perusahaan lain.
5)
Cocok, segmentasi
pasar cocok digunakan pada perusahaan.
6)
Stabil, segmentasi
pasar dapat mempengaruhi proses berkembangnya perusahaan secara stabil.
Dasar-dasar penentuan segmentasi pasar :
Dalam penentuan segmentasi pasar umumnya menggunakan variabel-variabel
berikut :
a)
Geografi yang
meliputi iklim, kepadatan penduduk dan daerah
b)
Demografi,
meliputi agama, ras, suku, jabatan
c)
Perilaku, meliputi
sikap, manfaat, pengetahuan dan
d)
Psikografi,
meliputi kepribadian dan kelas sosial.
Macam-macam segmentasi pasar :
a)
Segmentasi pasar
berdasarkan geografi dan geodemografi
yaitu pengelompokan
konsumen berdasarkan iklim, kepadatan penduduk dan daerah.
b)
Segmentasi pasar
berdasarkan demografi
Yaitu pengelompokan
konsumen berdasarkan pada agama, ras, suku, jabatan.
c)
Segmentasi pasar
berdasarkan perilaku konsumen
yaitu pengelompokan
konsumen berdasarkan sikap, manfaat, pengetahuan.
d)
Segmentasi pasar
berdasarkan psikografi dan gaya hidup
yaitu pengelompokan
konsumen berdasarkan kepribadian dan kelas sosial.
Pendekatan untuk mengetahui segmentasi pasar
industrial
1)
Kemiripan
tugaspembelian
2)
Jenis produk dan
tingkat standarisasi
3)
Signifikansi pembelian
bagi organisasi yang membeli
4)
Tingkat ketidakpastian
situasi pembelian
2. Targeting
Targeting adalah proses penentuan prioritas pada
kelompok-kelompok segmen produk. Dalam menentukan target diperlukan untuk
melakukan survey langsung untuk mengetahui kondisi pasar agar proses strategi
pemasaran tepat sasaran. Targeting ini sangat penting untuk dilakukan dalam proses
pemasaran produk, dengan adanya proses targeting maka akan dapat melakukan
proses positioning.
3. Positioning
Positioning adalah proses menjelaskan posisi pada
pemakaian produk berdasarkan kendala dan dampak produk. Menurut Kotler dan
Keller positioning merupakan cara untuk mencari posisi yangtepat didalam pasar
setelah menentukan strategi segmentasi yang digunakan.
Manfaat
positioning dalam strategi pemasaran :
1)
Perusahaan mampu
menciptkan posisi perusahaan dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan
dari perusahaan itu sendiri.
2)
Perusahaan mampu
menciptkan posisi perusahaan dengan mempertimbangkan dengan memanfaatkan
peluang dari kekuatan dan kelemahan perusahaan lain atau pesaing.
3)
Mempermudah dalam
memilih informasi yang telah disimpan.
Setelah
mengetahui mengenai konsep STP maka selanjutnya akan dibahas mengenai nilai
pelanggan, berikut penjelasannya.
Konsep
nilai pelanggan :
Nilai pelanggan merupakan nilai atau manfaat yang
diperoleh pelanggan yang berasal dari suatu produk atau jasa setelah berupaya
melakukan pengorbanan untuk mendapatkan produk. Manfaat yang didapat dari nilai
pelanggan :
1. Menciptakan kesetiaan
pelanggan
2. Memperluas pangsa pasar
3. Membentuk ekuitas pelanggan
4. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan
Dalam
konsep nilai pelanggan tentu akan bermanfaat dalam memperluaas pasngsa pasar. Pasar merupakan tempat
bertemunya penjual dan pembeli. Dalam pasar terdapat penjual grosir, pengecer
dan eksportir.
·
Penjual grosir merupakan
aktivias penjualan yang melibatkan penjual dan pembeli dengan tujuan membeli untuk
dijual kembali ataupun pemakaian bisnis. Penjual grosir akan menambah nilai
apabila melakukan upaya sebagi berikut yaitu diantaranya untuk menjual dan
mempromosikan, membeli dan membangun pilihan, pemecahan kuantitas besar, serta sebagai
pergudangan.
·
Pengecer merupakan
aktivitas jual beli yang penjual berhubungan langsung dengan konsumen.
·
Eksportir adalah
suatu pelaku ekspor sebagai perantara anatara produsen atau manufaktur dalam
negeri dengan buyer diluar negeri.
Pelanggan dibagi menjadi tiga macam yaitu pelanggan
lokal, nasional dan internasional. Pelanggan lokal merupakan pelanggan yang
berada di suatu daerah yang dekat dengan tempat produksi produk. Sedangkan pelanggan
nasional merupakan pelanggan yang berada di suatu wilayah negara tempat
produksi produk. Dan pelanggan internasional adalah suatu pelanggan yang berada
beda negara pada tempat produksi produk.
Komentar